Self-Contained Breathing Apparatus Adalah

SCBA atau akronim dari Self-Contained Breathing Apparatus adalah alat bantu pernapasan yang biasa digunakan oleh para petugas penyelamat contohnya tim pemadam kebakaran ketika memadamkan kobaran api. SCBA terdiri dari tabung bertekanan udara, penunjuk tekanan udara atau disebut juga pressure gauge, masker dan peralatan-peralatan pembawa. SCBA ini diisi dengan udara bebas sebagai peralatan bantu pernafasan.

Pengisian tabung udara SCBA dilakukan dengan menggunakan Air Breathing Compressor bertekanan tinggi yang dilengkapi dengan filter-filter khusus untuk menyaring udara dan mengurangi kadar air. Udara yang dihasilkan compressor ini secara berkala dilakukan uji kandungan, yang bertujuan untuk memastikan kondisi dan komposisi udara yang dihasilkan. Selain itu, tabung SCBA juga secara berkala dilakukan Hidro Test untuk memastikan kondisi dan kekuatan botol terhadap tekanan. Hidro Test adalah tes dengan cara dengan memasukkan air ke dalam bejana tekan atau perpipaan dengan tekanan tertentu. Kemudian, kondisi bertekanan ditahan sampai jangka waktu tertentu sesuai dengan standar rujukan yang digunakan.

SCBA ini akan mengeluarkan bunyi seperti peluit sebagai tanda bahwa tekanan udara dari dalam botol sudah hampir habis dan segera mengevakuasi diri ke tempat yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *