Breathing Apparatus Alat Pernapasan Untuk Pemadam Kebakaran

Seperti yang kita ketahui bahwa breathing apparatus adalah alat bantu pernapasan untuk pemadam kebakaran terutama jika terjadi kebakaran dalam skala yang sangat besar.

Berikut ulasan singkat tentang breathing apparatus :

Self Contained breathing apparatus juga dikenal dengan alat pernapasan bertekanan udara yang biasa di sebut dengan SCBA atau BA. Alat ini biasa digunakan oleh para petugas pemadam kebakaran seperti tim pemadam kebakaran ketika bertugas memadamkan kebakaran bersekala besar, seperti gedung tinggi, pabrik, pom besin dll, Alat ini juga bisa digunakan oleh tim penyelamat lainnya seperti penyelamatan di kedalaman laut. Fungsi utama BA, membantu untuk melakukan pernafasan terutama ketika dalam keadaan atau dalam peristiwa berbahaya. Alat ini dibuat untuk penggunaan didarat dan dikedalaman laut yang biasa di sebut Self Contained Underwater breathing apparatus atau SCUBA.

Self Contained Breathing Apparatus (SCBA) berfungsi sebagai Alat pelindung pernapasan beserta perlengkapannya adalah alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi organ pernapasan dengan cara menyalurkan udara bersih dan sehat dan/atau menyaring cemaran bahan kimia, mikro-organisme, partikel yang berupa debu, kabut (aerosol), uap, asap, gas/ fume, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *