Cara Kerja Valve Hydrant Menurut Jenis-Jenisnya

Tiap bangunan dan aset yang ingin diproteksi, tentu memiliki kebutuhan hydrantnya masing-masing. Itu mengapa tiap-tiap komponen hydrant memiliki jenis dan kapasitasnya sendiri. Tak terkecuali dengan valve hydrant.

Terdapat beberapa jenis valve, seperi Gate, Check, Globe, Ball, Angle dan Butterfly Valve. Angle valve digunakan pada output hydrant. Selain angle valve, valve lainnya seperti gate, check, globe, dan lainnya merupakan katup dalam sistem perpipaan hydrant. Adapun cara kerja dari masing-masing jenis valve hdyrant adalah sebagai berikut.

1. Gate Valve

Sama seperti namanya “Gate” valve bekerja layaknya gerbang. Tipe valve ini bekerja membuka aliran air dari hydrant pillar dengan cara mengangkat gerbang penutupnya yang berbentuk bulat atau persegi panjang.

Jenis valve ini harus fully open atau benar-benar terbuka saat digunakan, bila hanya setengah terbuka maka akan terjadi turbulensi pada jaringan hydrant.

2. Check Valve

Valve yang satu ini berfungsi untuk membuat aliran air hanya mengalir ke satu arah saja. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya reversed flow/back flow.

3. Globe Valve

Tentu Anda sudah dapat menerka Globe valve seperti namanya. Valve ini berbentuk mirip globe atau sedikit mirip dengan bola. Tipe valve ini bekerja dengan arah gerak secara linier dan didesain sebagai penutup dan pembuka aliran, serta mengatur aliran air tersebut.

4. Ball Valve

Seperti Globe valve, Ball valve juga merupakan sebuah katup berbentuk bola yang berfungsi mengontrol aliran air. Valve ini juga digunakan umumnya di dunia industri. Pasalnya, valve sangat serbaguna karena dapat menahan tekanan hingga 1000 bar dan suhu hingga 482° F (250° C).

5. Angle Valve

Sama seperti globe valve, angle valve juga digunakan pada situasi dimana pengaturan besar kecil aliran diperlukan (throttling). Hydrant Valve juga biasa disebut sebagai angel valve.

6. Butterfly Valve

Butterfly Valve adalah valve yang berfungsi untuk mengisolasi atau mengatur aliran air. Cara kerjanya mirip dengan ball valve, yang memungkinkan cepat untuk menutup.

Valve jenis ini bisa dibilang cukup digemari untuk melengkapi fire hydrant. Selain karena harganya yang lebih terjangkau, valve ini juga lebih ringan dibanding valve jenis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *