Tips Untuk Pencegahan Mandiri Dalam Potensi Kebakaran Di Dapur

Adapun tips untuk pencegahan mandiri dalam potensi kebakaran di dapur, antara lain;

  • Selalu bersihkan area dapur. Area dapur yang bersih memperkecil potensi kebakaran, seperti pembersihan sisa minyak di sekitar kompor. Penataan ruang dapur juga dapat meminimalisir terjadinya kebakaran, seperti penataan tabung gas yang jauh dari sumber api, penggunaan ventilasi yang cukup.
  • Siapkan alat pemadam kebakaran. Dapur skala kecil seperti di rumah cukup menyiapkan kain atau karung goni yang siap dibasahi untuk pemadaman sumber api kecil. Sedangkan dapur skala industry atau usaha kami menyarankan penyiapan APAR untuk antisipasi bila terjadi kebakaran. Penggunaan APAR jenis powder, foam atau clean agent liquid gas cukup efektif, untuk penggunaan APAR tipe CO2 perlu dilakukan oleh tenaga terampil.
  • Belajar pencegahan dan penanganan kebakaran mandiri. Edukasi menjadi kunci dasar pencegahan dan penanganan kebakaran agar tindakan yang kita lakukan bisa tepat guna dalam mengatasi masalah. Sumber berita dan informasi bisa digali melalui berbagai media untuk menjadi pengetahuan bersama terkait kebakaran. Tak lupa penyebarluasan informasi yang bermanfaat kepada orang-orang disekitar kita menjadi penting untuk mengedukasi secara lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *