Tips Agar Mobil Terhindar dari Potensi Terbakar

Agar Anda bisa terhindar dari masalah mobil terbakar, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut:

1. Lakukan perawatan berkala

Untuk menghindari masalah overheat dan kebocoran oli atau BBM, Anda perlu melakukan perawatan secara berkala. Pastikan bahwa sistem pendingin dan komponen-komponen yang lain dapat bekerja dengan baik sehingga mobil tetap aman dan nyaman ketika digunakan.

2. Jangan mengendarai mobil yang overheat

Sebaiknya jangan memaksa untuk tetap mengendarai mobil yang sudah menunjukkan tanda-tanda overheat. Beberapa tanda mobil overheat seperti indikator mesin berwarna merah, mesin kehilangan tenaga, mobil mogok, dan lain-lain. Sebaiknya tunggu suhu mesin mobil kembali normal dan segera bawa ke bengkel untuk melakukan perbaikan.  

3. Sediakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Selalu sedia APAR di dalam mobil Anda dan letakkan di bawah bangku penumpang depan. Alat ini bisa Anda gunakan untuk mengantisipasi jika mobil mengeluarkan asap atau muncul percikan api. Rata-rata, kasus kebakaran mobil menjadi fatal karena pemilik mobil tidak mempersiapkan APAR di dalam mobil sehingga kobaran api menjadi semakin besar sebelum pertolongan datang.

4. Gunakan sparepart yang sesuai

Selalu gunakan sparepart atau komponen yang sesuai dengan spesifikasi mobil atau standar pabrikan. Selain itu, pemasangan aksesoris mobil tambahan juga harus dilakukan dengan mempertimbangkan kapasitas aki mobil yang dipergunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *