Perbedaan Fungsi EEBD dengan Breathing Apparatus

EBBD (Emergency Escape Breathing Device) dan Breathing Apparatus (BA) adalah peralatan yang digunakan untuk keselamatan saat terjadi kebakaran atau keadaan darurat lainnya di mana kualitas udara sangat buruk atau tidak dapat dihirup. Keduanya adalah alat perlindungan pernapasan tetapi memiliki perbedaan dalam fungsi dan penggunaannya.

EEBD dirancang untuk evakuasi cepat dan darurat dari tempat kerja. Itu berarti, ketika terjadi keadaan darurat, pekerja dapat menggunakannya dan meninggalkan area bahaya dengan segera. EEBD dapat digunakan hanya selama beberapa menit, biasanya dari 10 sampai 15 menit dan hanya untuk digunakan dalam situasi darurat.

Sementara itu, BA digunakan oleh petugas pemadam kebakaran, penyelam, atau pekerja yang melakukan aktivitas di tempat yang memiliki atmosfer beracun. Sebuah BA berisi tabung oksigen untuk memungkinkan pekerja untuk bertahan hidup saat berada di area yang tidak dapat dihirup. Karena fungsi utamanya adalah untuk memungkinkan pekerja untuk bekerja di lingkungan yang berbahaya, BA dirancang agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

EEBD dan BA juga berbeda dalam desainnya. EEBD biasanya lebih ringan dan portabel, sehingga mudah dikemas dan digunakan untuk evakuasi darurat. Sementara itu, BA lebih berat dan lebih rumit, karena harus mengandung tambahan oksigen dan peralatan di dalamnya.

Bagi perusahaan yang mengoperasikan pekerja di area yang berbahaya, penting untuk memilih perlengkapan pernapasan yang tepat untuk menjamin keselamatan mereka. EEBD cocok untuk diatur dalam rencana evakuasi darurat dan digunakan untuk evakuasi darurat. Sementara itu, BA digunakan oleh petugas pemadam kebakaran, penyelam, atau pekerja yang membutuhkan perlindungan pernapasan selama jangka waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, perusahaan harus menjalankan penilaian risiko secara menyeluruh untuk menentukan peralatan pernapasan mana yang sesuai untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *