Pengertian Smoke Detector

Secara bahasa, pastinya Anda sudah bisa mengira bahwa alat ini merupakan alat pendeteksi asap. Karena memang smoke detector adalah alat yang dibuat khusus untuk memindai seluruh ruangan dan secara otomatis akan aktif bila sensor asap mendeteksi ada asap di dalam ruangan tersebut.

Berbeda dengan heat detector yang bekerja dengan cara memindai suhu ruangan, alat pendeteksi asap ini bekerja dengan cara memindai intensitas cahaya di dalam ruangan.

Di Indonesia sendiri, alat pendeteksi asap ini lebih sering ditemukan jika dibandingkan dengan pemindai suhu. Sebab harganya bisa dibilang lebih terjangkau dan bisa digunakan dimana saja. Selama bukan di tempat yang beruap atau selalu dipenuhi asap setiap hari.

Alat ini cocok untuk digunakan di kamar tidur, ruang yang diisi dengan banyak elektronik tanpa asap seperti tempat mesin cuci, ruang komputer, ruang server, dan lain sebagainya.

Dan perlu Anda ingat, alat ini bukanlah alat proteksi kebakaran di dalam gedung. Jadi tiap pendeteksi asap tidak dilengkapi dengan alarm maupun alat pemadam kebakaran otomatis. Jadi fungsinya sebatas untuk mendeteksi asap saja dan mengirimkan sinyal ke MCFA untuk menandakan bahwa ada indikasi kebakaran di tempat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *