Pengertian Fire Pump

Jika menyebutkan kata “pompa kebakaran”, kita semua pasti tahu pompa ini adalah alat untuk memadamkan kebakaran. Namun Wikipedia punya pengertian fire pump yang lebih detail.

Berdasarkan Wikipedia, fire pump adalah alat untuk meningkatkan tekanan air di dalam pipa sebuah bangunan yang aktif ketika mendeteksi suhu tinggi dalam ruangan, asap, atau indikasi api lainnya. Pompa ini sendiri membutuhkan komponen tambahan untuk bisa bekerja memadamkan api, contohnya:

Fire sprinkles

Fire fighting hose

Valve

Selain itu, pompa mirip dengan fire pump juga tidak selalu ditempatkan di dalam gedung dan hanya bisa diaktifkan dengan sensor.

Beberapa fire hydrant yang sering Anda lihat di pinggir jalan juga ada yang menggunakan pompa dengan cara kerja seperti fire pump. Bedanya, alat tersebut aktif selama 24 jam mempertahankan tekanan air ke outlet agar siap digunakan kapanpun outlet dibuka dalam keadaan genting. Namun pompa kebakaran yang akan kita bahas lebih detail dalam artikel hari ini hanyalah pompa untuk melindungi gedung dan industri saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *