Mengenal Komponen Fire Hydrant dan Fungsinya

Fire hydrant adalah sebuah instalasi perpipaan air bertekanan yang difungsikan untuk memadamkan kebakaran pada suatu bangunan atau area. Pada instalasi tersebut terdapat beberapa bagian atau komponen yang memiliki fungsi masing-masing untuk menyalurkan air. Biasanya instalasi fire hydrant dilakukan oleh kontraktor hydrant. Nah, sebelum Anda menghubungi kontraktor hydrant dan memasang instalasi hydrant tersebut, ada baiknya Anda mengenal bagian-bagian atau komponen-komponen hydrant beserta fungsinya.

Tandon atau Penampungan Air

Tandon air ini berfungsi untuk menyimpan persediaan air untuk instalasi fire hydrant. Tandon air ini dapat menampung air yang dapat digunakan setidaknya untuk 30 menit. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya minta kontraktor hydrant Anda untuk membuat tandon air lainnya untuk menghindari kegagalan sistem.

Ruang Pompa (Pump Room)

Ruang pompa atau rumah pompa adalah tempat untuk menyimpan peralatan-peralatan fire hydrant, seperti: pompa hydrant, panel kontrol, header, suction, pressure tank, dan aksesoris sistem hydrant lainnya.

Sistem Distribusi Hydrant

Sistem ini adalah jalur pipa yang menghubungkan tandon air ke output air.

Sistem Pipa Hydrant

Sistem ini terdiri dari beberapa komponen pipa hydrant beragam ukuran yang berfungsi untuk menyalurkan air bertekanan untuk memadamkan api. Jenis pipa hydrant berdasarkan ukurannya, antara lain:

Sistem pipa utama berukuran 8-16 inch

Pipa kedua atau secondary berukuran 6-12 inch

Pipa cabang berukuran 4.5-6 inch

Pompa Fire Hydrant

Terdapat 3 janis pompa fire hydrant, yaitu: pompa jockey, pompa elektrik atau pompa utama, dan pompa diesel atau pompa cadangan.

Panel Kontrol Pompa Hydrant

Pada bagian ini, pompa hydrant diatur dan dikendalikan supaya bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya.

Header

Pipa header adalah pipa utama berukuran besar yang menghubungkan distribusi air dari pipa pengeluaran ke jaringan distribusi pipa hydrant. Besar kecilnya ukuran pipa header ini bergantung pada instalasi yang dipasang pada bangunan atau area tersebut.

Suction atau Pipa Hisap

Suction atau pipa hisap adalah pipa yang berfungsi untuk mengubungkan air dari tandon menuju pompa hydrant. Beberapa bagian komponen dari suction sendiri adalah foot valve, gate valve, Y strainer, dan flexible joint.

Pressure Tank

Komponen ini berfungsi untuk menjaga tekanan pompa hydrant agar tetap stabil dan dapat dengan baik membuang udara yang terjebak dalam instalasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *