Mengenal Jenis Baju Pemadam Kebakaran

Seperti yang kita ketahui, memadamkan kebakaran bukanlah pekerjaan yang mudah. Memadamkan kebakaran adalah pekerjaan yang sangat berat dan berisiko. Pekerjaan ini memiliki tantangan yang berbeda, penuh tekanan, serta dituntut untuk berpikir dan bertindak cepat. Memadamkan kebakaran sangat terpaku dengan waktu dan tidak boleh terlambat bertindak.

Pekerjaan yang berbahaya seperti memadamkan kebakaran tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Sebaiknya hal tersebut dilakukan oleh petugas atau tenaga yang sudah terlatih. Selain terlatih, hal yang tak dapat diabaikan adalah alat pelindung diri. Salah satu alat pelindung diri yang sangat wajib digunakan saat kebakaran adalah baju pemadam kebakaran.

Baju pemadam kebakaran sangat penting bagi siapapun dalam memadamkan kebakaran untuk melindungi tubuh dari api yang berkobar. Baju pemadam juga memiliki peranan dalam menahan panasnya api yang begitu tinggi. Berikut beberapa jenis baju pemadam yang direkomendasikan.

1. Baju Pemadam Tahan Api
Sesuai dengan namanya, baju pemadam ini terbuat dari bahan Flame-retarded fabric (kain tahan api) yang memiliki lapisan aluminium. Mulai dari helm, baju, celana hingga boots yang digunakan terbuat dari bahan kain tahan api yang dilapisi dengan aluminium foil. Baju pemadam tahan api dirancang untuk tahan terhadap radiasi api hingga suhu 1650oC.

Meskipun tahan terhadap api, jenis baju ini tidak dapat melindungi saat terjadi ledakan maupun bahaya lainnya. Maka dari itu, seluruh petugas di wajibkan untuk mengenakan seluruh perlengkapan yang lengkap saat memadamkan api.

2. Baju Pemadam Tahan Panas
Berbeda dengan baju pemadam tahan api, baju pemadam tahan panas ini terbuat dari katun dan sangat lentur ketika di gunakan. Baju pemadam ini di gunakan saat berhadapan dengan suhu panas api. Baju pemadam tahan panas ini tidak tahan terhadap kobaran api. Maka dari itu pemakainya harus menghindari pemakaian baju sintetis di dalamnya. Karena baju sintetis sangat mudah terbakar dan dapat meleleh ke kulit, serta menyebabkan cedera serius. Maka dari itu, sebaiknya memakai pakaian dalam yang sesuai dengan prosedur pemadam kebakaran. Jangan menggunakan baju pemadam tahan panas ini untuk berhadapan dengan kobaran api, karena akan sangat berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *