Jenis Selang Pemadam Kebakaran dan spesifikasinya

Berikut ini adalah variasi dan macam – macam selang hydrant didasarkan pad aukuran panjang selang hydrant, antara lain:

Selang Kanvas

Selang jenis ini terbuat dari kanvas yang berkualitas tinggi. Sehingga, bahan ini menjadi lebih tahan terhadap cuaca yang ekstrim, kerusakan, dan kebocoran ketika digunakan. Pada umumnya, selang ini tahan terhadap air selama tekanannya masih 13 bar. Jadi, bisa dibilang bahwa selang ini cocok sekali untuk  semua kondisi cuaca yang tidak tentu, misalnya saja seperti di Indonesia. Untuk ukuran panjang selang hydrant adalah sebesar 20 sampai dengan 30 meter, dengan ukuran 1.5 inch, 2.5 inch, dan 3 inch.

Selang Polyester

Selang ini sering dipakai oleh pihak petugas pemadam kebakaran yang ada di Indonesia. Bahan utamanya adalah menggunakan polyester staple dan juga polyester filaments. Sehingga, selang ini lebih tahan lama digunakan dan sangat handal untuk memadamkan api. Jadi, ketahanan selang ini sama seperti selang kanvas, yaitu mencapai 13 bar. Selanjutnya untuk kebutuhan yang lebih lanjut, Anda bisa menambahkan  coupling, misalnya saja seperti instantaneous, machine, dan storz coupling untuk memadamkan api kebakaran.

Selang berbentuk Red Rubber

Selang ini mempunyai ciri khas yang unik dari yang lain. Karnea warnanya yang merah cerah, sehingga membuatnya berbeda dari yang lainnya. Yang mana umumnya warnanya adalah putih. Material yang dipakai untuk membuat selang pemadam kebakaran ini berasal dari karet yang berkualitas tinggi. Sehingga, alat ini cocok sekali dipakai untuk perusahaan. Sedangkan untuk ukuran umum panjang selang hydrant adalah sebesar 1.5 sampai dengan 5 inch. Sedangkan untuk panjangnya adalah sebesar 20 meter sampai dengan 30 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *