Fungsi Utama Helm Safety dalam Keselamatan Kerja

1. Melindungi Kepala

Fungsi helm safety yang utama adalah melindungi salah satu area vital manusia, yaitu kepala. Helm akan melindungi bagian tubuh tersebut dari kejatuhan material, benturan, pukulan, atau dari benda tajam maupun berat yang meluncur di udara. Bukan hanya itu saja, namun pemakaian helm safety dapat melindungi kepala dari percikan bahan kimia hingga suhu yang ekstrim.

2. Mencegah Cedera Serius

Cedera kepala dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di sekitar otak, kondisi ini tentu sangat berbahaya. Untuk meminimalisirnya, maka para pekerja perlu menggunakan helm safety. Helm ini akan membantu menyerap shock pukulan dari benda yang jatuh di atas kepala, sehingga mengurangi cedera yang serius.

3. Perlindungan Terhadap Benda Tumpul

Ada banyak benda tumpul di area konstruksi yang berpotensi mencederai kepala Anda, sehingga menggunakan helm safety bisa membantu memberikan perlindungan. Dengan helm safety yang berkualitas tinggi, maka Anda pun dapat terhindar dari cedera berat akibat benda tumpul.

4. Keamanan dari Benda Jatuh

Di area konstruksi, benda jatuh sangat mungkin terjadi. Dan ada potensi bahwa benda jatuh ini akan mengenai kepala pekerja. Untuk mengurangi risiko cedera akibat kecelakaan kerja tersebut, maka dibutuhkan helm safety yang memberikan keamanan dari benda jatuh.

5. Pencegahan Terhadap Kecelakaan Elektrik

Fungsi helm safety berikutnya yaitu pencegahan terhadap kecelakaan elektrik. Kontak dengan arus listrik dapat menyebabkan kondisi yang fatal apabila mengenai dada atau kepala. Oleh karena itu, dibutuhkan helm safety sebagai pencegahan terhadap kecelakaan elektrik di tempat kerja.

6. Identifikasi Pekerja

Perlu diketahui bahwa helm safety umumnya memiliki warna yang berbeda-beda. Dari warnanya ini, helm dapat berfungsi untuk identifikasi pekerja. Misalnya helm warna kuning terang untuk pekerja umum di lapangan atau sub-kontraktor. Warnanya yang mencolok memungkinkan visibilitas yang lebih besar, sehingga pekerja dapat terlihat meskipun pada malam hari.

7. Kepatuhan Terhadap Peraturan Keselamatan

Pada penerapan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), helm safety merupakan salah satu bagian dari APD yang dibutuhkan. Sehingga fungsi dari penggunaan helm safety salah satunya yaitu kepatuhan terhadap peraturan keselamatan kerja tersebut. Apabila prosedur K3 dilanggar, maka perusahaan harus membayar ganti rugi hingga memperoleh sanksi pidana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *