Cara Merawat Selang Rubber (Fire Hose)

Semua jenis selang pemadam kebakaran termasuk selang karet harus dirawat dengan baik agar penggunaannya awet. Jenis selang rubber dianggap lebih tahan lama dibandingkan jenis selang lainnya. Tidak heran jika harganya juga lebih mahal.

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada selang adalah proses penyimpanan yang salah. Jika selang disimpan dalam keadaan basah, selang bisa lengket dan berjamur. Kondisi ini akan menyebabkan selang menjadi keras, kaku bahkan tersumbat. Ketika dipakai dalam kondisi darurat, kerja petugas akan jadi lebih lama karena harus mengalirkan air dulu. Pastikan Anda menyimpan selang karet di hydrant box dengan cara menggulung yang benar.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah saat menggunakan selang. Hindari gesekan dengan tanah atau aspal karena berisiko membuat selang bocor. Jangan menggunakan selang melebihi kapasitas tekanan yang mampu ditanggung oleh selang karena bisa menyebabkan selang pecah. Selang karet sendiri memiliki daya tahan terhadap tekanan 18 sampai 20 bar, tergantung mereknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *