Apa itu Sistem Pemadaman Api Sprinkler

Sistem pemadaman api sprinkler adalah alat pemadam yang terdiri dari metode suplai air dengan tekanan cukup, kemudian mengalir melalui perpipaan nan tersambung di kepala sprinkler. Sistem berikut ini paling umum digunakan di dunia pemadaman api. Sebab, harga pembuatan dan pengolalaannya sangat murah. Sprinkler adalah suatu sistem  otomatis penyiraman air melalui kepala yang melekat pada sistem perpipaan yang mengandung air dan terhubung ke suplai air sehingga debit air keluar dengan segera  dikarenakan dari sensor  sensitif berupa air raksa yang pecah dan terkoneksi oleh suhu yang panas yang ditimbulkan dari sesuatu yang terbakar.  

Setiap sprinkler diaktifkan secara individual bila dipanaskan sampai suhu tertentu. Kebanyakan penyiram air debit sekitar 20-25 galon per menit (gpm), tergantung pada desain sistem. Sprinklers untuk aplikasi khusus dirancang untuk debit hingga 100 gpm. Selain itu, air dalam fungsi sprinkler sangat cukup untuk memadam kebakaran kelas A. Kategori berikut merujuk pada pemadaman kebakaran pada jenis-jenis material seperti kertas, kain, serta kayu.

Selain itu, ada juga perbedaan jenis jenis sprinkler sesuai dengan sistemnya masing-masing yaitu pre-action system, combiner dry pipe, wet pipe system, dry pipe system serta deluge system.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *