Apa Itu Box Alat Pemadam Api Ringan?

Box APAR adalah salah satu kelengkapan tabung alat pemadam api ringan (APAR). Biasanya, box APAR diletakkan pada area-area yang dekat dengan titik kumpul evakuasi maupun pintu darurat. Ini bertujuan supaya tabung APAR bisa lebih mudah ditemukan pada saat kebakaran. 

Box alat pemadam api ringan merupakan sebuah benda yang bentuknya menyerupai peti kecil seukuran APAR. Box APAR tersedia dengan berbagai ukuran tergantung ukuran APAR yang akan disimpan di dalamnya, yaitu ukuran 2 – 9 kg. Namun, ada juga ukuran box APAR custom sesuai kebutuhan. 

Di Indonesia, standar warna box APAR adalah  merah. Penggunaan warna merah pada box APAR bertujuan untuk memudahkan petugas atau penghuni gedung lainnya untuk menemukannya pada saat kondisi darurat.

Ada juga jenis box APAR yang menggunakan bahan fiberglass (serat kaca). Biasanya, box APAR fiberglass digunakan di tempat-tempat dengan kelembaban tinggi. Hal ini karena box APAR fiberglass sangat tahan akan suhu lembab dan korosif.

Box APAR memiliki pintu yang akan mengamankan APAR dari tangan-tangan jail dan pencurian. Saat terjadi kebakaran, kamu tidak perlu sulit-sulit mencari kunci untuk membuka box APAR. Dalam situasi darurat, kaca pada pintu box APAR bisa dengan mudah dipecah untuk mengeluarkan APAR dari box tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *