Apa Fungsi Sepatu Safety?

Apa saja fungsi sepatu safety sebagai APD Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)? Simak selengkapnya dibawah ini.

  • Melindungi dari Tusukan

Salah satu fungsi utama dari sepatu safety adalah melindungi dari resiko tusukan benda tajam. Fungsi ini yang membedakannya dengan sepatu casual atau sepatu kerja biasa. Dengan sol bagian tengah yang dilengkapi lempengan besi (steel midsole), maka sepatu Anda akan tahan dengan paku atau benda tajam lainnya.

  • Melindungi dari Benda Jatuh

Fungsi lain dari sepatu ini yang juga tidak kalah penting adalah melindungi dari benda jatuh. Seperti yang Anda juga sadari bahwa resiko kejatuhan benda di area kerja cukup besar. Entah itu human error atau faktor lainnya, jika kaki Anda tertimpa benda berat tanpa perlindungan, akan mengakibatkan cedera fatal.

  • Mencegah Slip

Slip resistant atau mencegah potensi slip adalah salah satu fungsi sepatu safety yang sangat umum. Kualitas sepatu bisa dilihat dari bagaimana kemampuan grip nya di area licin. Jika Anda ingin melihat sejauh apa kemampuan slip resistant sepatu Anda, cek kode pada sepatu safety yang biasanya tertera di box sepatu.

  • Melindungi dari Aliran Listrik Statis

Listrik statis bisa datang dari mana saja dan sangat berbahaya jika muncul di area yang mudah meledak atau terbakar. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan sepatu yang mampu menahan aliran listrik statis. Ini adalah salah satu keunggulan dari penggunaan sepatu safety sebagai APD K3.

  • Menahan Kontaminan Minyak

Kemampuan oil resistant atau ketahanan terhadap kontaminan minyak diperlukan untuk para pekerja K3. Terutama bagi mereka yang bekerja di industri minyak dan gas, serta di bidang otomotif. Area kerja dua sektor tersebut pastinya banyak terdapat minyak, solar, dan oli, yang bisa membuat sepatu biasa cepat rusak. Untuk itu Anda perlu menggunakan sepatu pelindung khusus yang tidak mudah rusak.

  • Melindungi dari Cairan Kimia

Hampir serupa dengan fitur oil resistant, fungsi ini juga membuat Anda terlindungi dari cairan kimia berbahaya yang berpotensi melukai kaki. Dengan menggunakan sepatu pelindung, Anda tidak perlu khawatir saat bekerja di area yang terdapat cairan kimia berbahaya.

  • Menahan Suhu Panas

Ketahanan terhadap suhu panas juga menjadi salah satu keunggulan sepatu safety. Sepatu ini paling umum digunakan oleh petugas pemadam kebakaran (damkar). Saat melakukan proses penyelamatan dan pemadaman api, petugas damkar perlu APD khusus yang melindungi dari ujung kepala hingga ujung kaki. Salah satu APD yang pasti digunakan adalah sepatu safety yang tahan api.

  • Menahan Resapan Air

Sepatu boots adalah sepatu yang memiliki fitur tahan air. Sepatu ini biasanya digunakan di area proyek yang berlumpur atau terdapat genangan air. Diperlukan sepatu khusus untuk area kerja seperti itu, dan itulah mengapa sepatu boots adalah pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *